SISTEM KOMPUTER

Minggu, 12 Oktober 2014

 Printer


Printer adalah perangkat keras (hardware) dimana perangkat itu akan bekerja apabila pengguna menghubungkannya dengan perangkat komputer, yang bisa digunakan untuk keperluan mencetak tulisan, gambar, dan grafik ke dalam bentuk kertas atau sejenisnya. Dan berikut adalah jenis-jenisnya:
  •     Impact Printer

1.     Dot Matrix Printer
Dot matrix printer merupakan printer yang menggunakan pita sebagai tinta. Dan cara kerjanya mirip mesin tik




2.     Daisy Wheel Printer
Daisy wheel printer mirip dengan Dot Matrix Printer, namun kulitasnya lebih bagus, dinamakan Daisy Wheel Printer karena mirip bunga daisy


3.     Thimble Printer
Thimble printer adalah printer yang menggunakan elemen ketik yang disebut Thimble, yang di dalamnya terdapat karakter alfanumerik.



4.     Chain Printer
Chain printer adalah


5.     Band Printer
Band printer adalah alat pencetak yang cara mengoperasikannya sama dengan Chain printer, tetapi menggunakan pita besi (steel band) yang berisi kumpulan pola karakter.


6.     Drum Printer
Drum printer adalah printer yang kumpulan karakternya diletakkan pada permukaan luar suatu drum metal. Tiap-tiap posisi kolom pencetakan terdapat satu lingkaran kumpulan karakter di drum. Proses pencetakan karakter dilakukan dengan memutar drum sampai pada bentuk karakter yang diinginkan dan suatu palu pemukul akan mengetuk karakter tersebut.

  •      Nonimpact Printer

1.     Inkjet Printer
Inkjet printer adalah jenis printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta cair. hasil cetak yang dihasilan oleh jenis printer Ink jet lebih bagus dan halus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix, jenis printer ink jet ini juga bisa menghasilan hasil cetakan warna.


2.     Thermal Printer
Thermal printer adalah printer yang biasanya di gunakan untuk mesin fax. printer ini resolusinya tidak terlalu bagus


3.     Electrostatic Printer
Electrostatic printer adalah teknik mencetak yang dilakukan tanpa wadah, tinta atau type form.


4.     Thermal Transfer Printer
Thermal transfer printer adalah printer yang menggunakan panas untuk mencetaknya di kertas.


5.     Laser Printer
Laser printer adalah jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa disebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah.

  • Serial Printer adalah printer yang mencetak satu karakter pada suatu waktu dalam urutan di mana mereka muncul dalam baris teks. Urutan dapat dimulai dari kiri ke kanan atapun sebaliknya



  • Line Printer adalah printer yang terdiri dari rantai karakter atau pin yang mencetak keseluruhan baris pada satu waktu. Printer inisangat cepat tetapi dengan kualitas yang rendah.

  • Page Printer adalah printer yang dapat mencetak seluruh halaman dalam satu waktu.

  • Intelligent Printer Controller adalah alat yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dengan sebuah atau beberapa printer, sehingga sebuah printer dapat dipergunakan bersama-sama secara otomatis atau dapat dipindahkan antara printer satu dengan yang lain.


Video Display

  • Alphanumeric Display adalah jenis layar yang dapat menampilkan huruf atau angka dan dapat di aktif - non aktifkan


  • Graphic Display merupakan program komputer yang dirancang khusus untuk menampilkan informasi di layar monitor secara grafis.


  • Monochrom Display merupakan jenis monitor yang digunakan di era awal, sebelum komputer warna menjadi populer.



  • Color Display monitor yang dapat menampilkan banyak warna.


  • Computer Display Projector adalah alat yang memproyeksikan gambar ke permukaan, biasanya papan tulis atau layar proyeksi.

  • LCD Pada teknologi LCD sumber cahaya berasal dari lampu neon berwarna putih yang tersusun secara merata pada bagian belakang susunan pixel (kristal cair) tadi yang jumlahnya mencapai jutaan piksel hingga membentu sebuah gambar.



  • LED adalah suatu semi konduktor yang memancarkan cahaya monokromatik yang tidak koheren ketika diberi tegangan maju.


  • Blue Ray adalah sebuah format cakram optic untuk penyimpanan media digital termasuk video definisi tinggi


0 komentar:

Posting Komentar